UE patut disalahkan atas krisis di Ukraina

Rabu, 14 Mei 2014 - 20:58 WIB
UE patut disalahkan atas krisis di Ukraina
UE patut disalahkan atas krisis di Ukraina
A A A
Sindonews.com – Rusia bukanlah satu-satunya pihak yang harus dipersalahkan atas krisis yang terjadi di Ukraina, Uni Eropa (UE) juga harus menjadi pihak lain yang diminta pertanggung jawabannya atas krisis itu, Kanselir Jerman, Anggela Merekal pada Rabu (14/5/2014) menyatakan hal tersebut.

Hal tersebut dibenarkan oleh Menteri Perekonomian Jerman sekaligus kepala
Sosial Demokrat (SPD), Sigmar Gabriel, seperti dilansir Reuters. Menurut dia, Rusia memang bersalah atas apa yang terjadi di negara tetangganya tersebut. Namun, UE pun membuat kesalahan dan turut bertanggung jawab atas krisis tersebut.

"Tentu saja, UE juga telah membuat kesalahan, meskipun hal ini tidak membenarkan perilaku Rusia. Sangat tidak cerdas untuk membuat sebuah kesan, bahwa Ukraina harus memilih antara UE atau Rusia," ungkap Gabriel.

“Tapi sekali lagi, Itu tidak dan bukan (untuk memilih Rusia atau UE) merupakan pembenaran untuk membuat sebuah negara terjerumus ke dalam sebuah kekacauan,” Gabriel menambahkan.

Namun, pemerintah Jerman menolak bahwa komentar yang disampaikan Gabriel mewakili pemerintahan Jerman. Menurut mereka, itu adalah pendapat pribadinya dan tidak ada hubungannya dengan pernyataannya yang dikeluarkan oleh Kanselir.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5368 seconds (0.1#10.140)