Korsel: Drone yang jatuh milik Korut

Kamis, 08 Mei 2014 - 16:50 WIB
Korsel: Drone yang jatuh milik Korut
Korsel: Drone yang jatuh milik Korut
A A A
Sindonews.com – Korea Selatan (Korsel) mengatakan, pihaknya memiliki bukti drone yang masuk dan jatuh ke dalam wilayahnya adalah milik Korea Utara (Korut). Kepastian ini didapat setelah dilakukan analisa dari puing-puing tiga drone yang jatuh di wilayah Korsel.

Seperti dilansir Al Jazeera, Kamis (8/5/2014), Kim Min-seok, juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel, mengatakan, asal dari kendaraan udara tak berawak ini dipastikan setelah studi bersama Korsel dan Amerika Serikat (AS) dari koordinat GPS yang tersimpan dalam sistem mereka.

“Kami telah memastikan ketiga UAV berasal dari Korut. Tindakan Korea Utara adalah provokasi militer yang jelas yang melanggar gencatan senjata dan perjanjian non -agresi Selatan-Utara," ungkap Min-seok.

Dia juga menambahkan, salah satu drone jatuh karena masalah mesin, sementara dua lainnya jatuh karena kehabisan bahan bakar. Drone tersebut ditemukan dari tiga lokasi terpisah yang dekat perbatasan Korsel dan Korut antara 24 Maret hingga 6 April.

Korut sendiri telah membantah memiliki hubungan dengan tiga drone tersebut, dan menuduh Seoul membuat-buat cerita tentang tiga drone tersebut dalam rangka untuk memprovokasi Pyongyang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8022 seconds (0.1#10.140)
pixels