Korut jajal peluncur rudal balistik antarbenua

Jum'at, 02 Mei 2014 - 11:08 WIB
Korut jajal peluncur rudal balistik antarbenua
Korut jajal peluncur rudal balistik antarbenua
A A A
Sindonews.com -Citra satelit terbaru milik Universitas John Hopkins menunjukkan, bahwa Korea Utara (Korut) telah menguji coba peluncur untuk menembakkan rudal balistik antarbenua. Laporan yang dirilis Jumat (2/5/2014) itu muncul di tengah kecemasan bahwa Pyongyang bersiap melakukan uji coba senjata nuklir yang keempat.

Pihak Institut AS-Korea di bawah naungan Universitas Johns Hopkins mengatakan, dari gambar satelit tampak bahwa peluncur KN-08 untuk tahap awal sudah diuji coba.

”Sebagai upaya yang sedang berlangsung, langkah teknis logis berikutnya dalam pengembangan rudal akan menjadi uji terbang dari seluruh sistem,” bunyi laporan dari pihak universitas itu.

Korut telah berhasil menempatkan satelit ke orbit pada bulan Desember 2012 dengan roket Unha-3. Pyongyang kala itu mengklaim, pengorbitan satelit itu murni untuk misi ilmiah. Namun, sejumlah negara-negara Barat curiga pengorbitan satelit itu sebagai bagian dari uji coba rudal balistik terselubung. Imbasnya, PBB memperketat sanksi kepada Pyongyang.

Pos peluncur roket Unha-3 berdiri setinggi 30 meter di wilayah Korut. Reuters melaporkan, Citra satelit juga menunjukkan bahwa di tempat peluncuran roket di Sohae sedang dimodifikasi untuk menguji coba roket yang lebih besar.

”Konstruksi mungkin tidak akan selesai sampai awal musim panas, secara efektif bisa untuk mencegah peluncuran dari fasilitas sementara itu,” lanjut laporan itu.

Model peluncur rudal KN-08 menjadi kebanggaan Korut. Pada tahun 2012 dan Juli 2013, Pyongyang memamerkan peluncur rudal KN-08 itu dalam parade militer Korut. Namun beberapa ahli menertawakan model peluncur rudal itu, karena dianggap tidak masuk akal dan merupakan tipuan besar.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6149 seconds (0.1#10.140)