Presiden China kecam serangan di Xinjiang

Kamis, 01 Mei 2014 - 17:58 WIB
Presiden China kecam serangan di Xinjiang
Presiden China kecam serangan di Xinjiang
A A A
Sindonews.com – Serangan berpedang disertai dengan ledakan bom di stasiun kereta api Xinjiang mendapat kecaman kerasa dari Presiden China, Xi Jinping. Dia memerintahkan pihak keamanan untuk segera melakukan operasi guna menemukan para pelaku.

Seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (1/5/2014), Jingping mendesak para pelaku harus diberi hukuman yang keras karena melakukan tindakan kekerasan yang disertai dengan serangan bom kepada warga sipil yang tidak bersalah. Serangan yang terjadi Rabu (30/4/2014) malam tersebut bertepatan dengan kunjungan Jinping ke wilayah tersebut.

"Pertempuran untuk memerangi kekerasan dan terorisme tidak akan pernah berhenti, dan tindakan tegas harus diambil untuk menekan momentum teroris yang semakin merajarela," ungkap Jinping melaui sebuah pernyataan.

Serangan ini terjadi hanya dua bulan setelah penyerang berpedang mengamuk di stasiun kereta api di kota Kunming, Yunan, yang menewaskan 29 orang dan melukai 143 yang dijuluki oleh warga china sebagai serangan “9/11” versi mereka.

Terletak di barat China dan berbatasan dengan Kyrgyzstan, Xinjiang dihuni oleh kaum minoritas Uighur yang memeluk agama Islam. Wilayah ini selama bertahun-tahun dilanda kerusuhan sporadis, akibat rasa tidak puas dengan kebijakan pemerintah China.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5517 seconds (0.1#10.140)