Pers Indonesia lebih bebas dibanding Inggris

Rabu, 30 April 2014 - 23:49 WIB
Pers Indonesia lebih...
Pers Indonesia lebih bebas dibanding Inggris
A A A
Sindonews.com - Kebebasan pers merupakan salah satu isu yang masih menjadi sorotan dunia, khususnya pers di wilayah konflik yang kerap mendapatkan tekanan dan ancaman.

Ternyata, kemajuan sebuah negara belum menjamin pers di dalamnya untuk memiliki cukup kebebasan. Menurut ketua Asosiasi Jurnalis Asing Jakarta (JFCC), Ben Bland, pers di Indonesia lebih memiliki kebebasan dan kemudahan dibandingkan dengan pers di negara maju, seprerti Inggris.

"Indonesia merupakan salah satu negara yang memikiki keterbukaan untuk persnya. Di sini (Indonesia) cukup mudah untuk mendapatkan akses ke pejabat-pejabat," ungkap Bland, Rabu (30/4/2014), saat diskusi mengenai kebebasan pers di Jakarta.

Menurut dia, di Inggris saja sangatlah sulit untuk mendapatkan akses kepada seorang pejabat atau tokoh. Bland menyatakan, bahwa kontrol terhadap media oleh pemerintah Inggris atau pihak lainnya masih sangat tinggi.

"Bisa dikatakan bawa Indonesia adalah negara yang paling memiliki kebebasan pers di bandingkan negara lain di regional (ASEAN)," tandas Bland.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)