Ukraina genting, Perancis kirim 4 jet tempur untuk misi NATO

Jum'at, 25 April 2014 - 10:04 WIB
Ukraina genting, Perancis kirim 4 jet tempur untuk misi NATO
Ukraina genting, Perancis kirim 4 jet tempur untuk misi NATO
A A A
Sindonews.com - Perancis mengirim empat pesawat jet tempur untuk membantu misi NATO berpatroli di kawasan Baltik. Kebijakan Perancis mendukung NATO itu berlangsung di saat situasi di Ukraina timur sedang genting.

Pengiriman empat pesawat jet tempur Perancis untuk misi NATO itu disampaikan Jenderal Pierre de Villiers, Kepala Staf Pertahanan Perancis saat berkunjung ke Washington. Empat pesawat jet tempur jenis Mirage 2000 atau Rafale dikirim ke Malbrok, Polandia timur pada 28 April 2014 nanti.

“Mereka (empat pesawat tempur) akan berpartisipasi dalam misi patroli udara di atas negara-negara Baltik,” kata Piere.

Kendati demikian, para pemimpin politik di Perancis tidak memerintahkan militer Perancis untuk mendukung gerakan dari para anggota NATO. ”Untuk saat ini, instruksi sangat jelas, kami tidak bisa lebih dari itu,” lanjut dia, seperti dilansir Rusia Today, semalam (24/4/2014).

Amerika Serikat Selasa lalu mengumumkan akan mengerahkan 600 tentaranya ke Polandia dan negara-negara di sekitarnya untuk bergabung dengan NATO. Dari 600 tentara itu, sebanyak 150 personel di antaranya telah datang ke Polandia kemarin.

Negara-negara Baltik memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet pada tahun 1991. Selanjutnya, mereka bergabung dengan NATO pada tahun 2004. Sejak itu, NATO terus berpatroli untuk menjamin keamanan sekutu-sekutunya di wilayah Eropa timur itu, terutama sejak Rusia bersitegang dengan Ukraina.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, menyebut misi NATO tidak bisa diandalkan untuk meredam ketegangan di Ukraina. Sebaliknya, lanjut dia, aksi militer Ukraina untuk menumpas para demonstran pro-Rusia di Ukraina timur membuat Rusia “dipaksa” untuk beraksi. (Baca: Perang di Ukraina tak imbang, Rusia siap bermanuver)
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6812 seconds (0.1#10.140)