Malaysia & Australia bagi kewenangan jika temukan kotak hitam MH370

Jum'at, 18 April 2014 - 22:48 WIB
Malaysia & Australia...
Malaysia & Australia bagi kewenangan jika temukan kotak hitam MH370
A A A
Sindonews.com – Malaysia dan Australia akan menandatangani memorandum of understanding (MoU) yang akan mengatur kewenangan masing-masing pihak bila proses pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS MH370 berhasil menemukan puing-puing atau kotak hitam pesawat.

Seperti dilaporkan New Straits Times, Jumat (18/4/2014), saat ini Pemerintah Malaysia sedang menyiapkan MoU untuk melindungi kedua negara dari perangkap hukum yang mungkin muncul selama fase pemulihan.

Menurut New Straits Times, Pemerintah Malaysia berharap kesepakatan dapat segera diselesaikan dan disahkan dalam rapat kabinet pekan depan. Sementara Canberra akan mempelajari MoU. Rincian isi MoU itu sendiri tidak dipublikasikan.

"MoU merinci persis siapa melakukan apa dan bertanggung jawab atas bidang apa," kata Kepala Penerbangan Sipil Malaysia, Azharuddin Abdul Rahman. Ia menambahkan, Malaysia akan memimpin sebagian besar investigasi, dengan dibantu oleh Australia dan negara lainnya.

Menurut New Straits Times, kedua negara akan membagi kewenangan soal siapa yang akan menangani reruntuhan pesawat dan kotak hitam, bila tim pencari telah menemukannya. Pemerintah Malaysia juga dilaporkan telah berjanji akan mengungkapkan isi perekam data, jika mereka menemukan kotak hitam.

Masih menurut New Straits Times, MoU itu juga akan mengatur soal ke lokasi di mana jenazah para penumpang akan dibawa untuk kemudian dilakukan otopsi. Termasuk pihak mana yang akan melakukan otopsi.

Hingga kini, banyak pihak yang meragukan pemerintah Malaysia akan terbuka dalam mengungkapkan fakta terkait MH370. Sebuah survei yang dilakukan oleh perusahaan jajak pendapat independen terkemuka di Malaysia yang dirilis awal pekan ini, hanya 26 persen warga Malaysia yang percaya pemerintah mereka akan transparan tentang insiden MH370.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)