Pelacakan sinyal behari-hari sampai robot selam dikerahkan

Selasa, 08 April 2014 - 12:16 WIB
Pelacakan sinyal behari-hari sampai robot selam dikerahkan
Pelacakan sinyal behari-hari sampai robot selam dikerahkan
A A A
Sindonews.com – Pencarian sinyal bawah air dari kotak hitam Malaysia Airlines MH370 akan berlanjut hingga berhari-hari sebelum robot selam dikerahkan. Robot itu akan diterjunkan ke dasar Samudera Hindia untuk mencari puing pesawat yang hilang sejak 8 Maret 2014.

Demikian pernyataan kepala misi pencarian pesawat MH370 dari Australia, Angus Houston, Selasa (8/4/2014). Houston mengatakan tangkapan sinyal diperlukan lebih banyak dan akan terus dilacak sampai beberapa hari ke depan, sampai baterai kotak hitam itu benar-benar mati.

”Kita perlu melanjutkan (pencarian sinyal) itu selama beberapa hari, untuk tahu titik di mana sama sekali tidak ada keraguan bahwa baterai ‘pinger’ akan mati,” kata Houston, seperti dikutip AFP. ”Sampai kita menghentikan pencarian sinyal ‘pinger’ kita tidak akan menyebarkan robot kapal selam,” kata Houston lagi.

Tangkapan sinyal yang banyak, lanjut dia, akan membantu tim untuk untuk fokus menemukan lokasi yang tepat di mana pesawat itu mengalami insiden. ”Jika kita bisa mendapatkan lebih banyak transmisi, kita bisa mendapatkan peluang yang lebih baik di dasar laut, yang akan memungkinkan tim dalam pencarian visual,” imbuh dia.

Wakil Perdana Menteri Australia, Warren Truss, optimistis kotak hitam dan puing puing pesawat MH370 bisa ditemukan. ”Hari ini adalah hari penting lainnya saat kami mencoba dan berhubungan kembali dengan sinyal yang mungkin berasal dari kotak hitam pesawat MH370,” kata Truss.

Sebaliknya, dia akan sedih jika sinyal yang tertangkap dektektor kotak hitam itu tidak terbukti terkait pesawat MH370. Dia berharap pengalaman pahit, berupa temuan puing di laut yang tidak terbukti terkait pesawat pembawa 239 itu terulang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4439 seconds (0.1#10.140)