Hindari radar, MH370 putari wilayah Indonesia?

Minggu, 06 April 2014 - 21:43 WIB
Hindari radar, MH370 putari wilayah Indonesia?
Hindari radar, MH370 putari wilayah Indonesia?
A A A
Sindonews.com – Pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 yang menghilang sejak empat pekan lalu dilaporkan mengelilingi Indonesia untuk menghindari pantauan radar. Hal tersebut diutarakan oleh salah seorang pejabat Malaysia, seperti dilaporkan CNN, Minggu (6/4/2014).

Pihak berwenang Malaysia, mengutip analisis pakar satelit, radar dan data lain yang tersedia, menyimpulkan, sebelum jatuh di Samudera Hindia, pesawat nahas tersebut memutari wilayah Indonesia.

“Setelah meninjau data radar yang diberikan oleh negara-negara tetangga, peneliti kini menemukan bahwa pesawat jet berbelok ke arah utara Indonesia sebelum akhirnya berbelok ke selatan menuju Samudra Hindia bagian selatan,” ungkap laporan CNN tersebut.

Temuan tersebut seperti menjelaskan bahwa pesawat tersebut memang sengaja dialihkan untuk menghindari radar. Namun, para peneliti sejauh ini tidak mengesampingkan kemungkinan penyebab lain dari pengalihan pesawat, seperti masalah mekanik.

Sejalan dengan penyelidikan, upaya pencarian besar-besaran multinasional masih terus dilakukan. Informasi terbaru menyebutkan, bahwa kapal milik Australia dan China berhasil mendeteksi sinyal yang diduga dari kotak hitam MAS MH370 di sekitar Samudera Hindia bagian selatan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8454 seconds (0.1#10.140)
pixels