Penculikan di Sabah, cobaan baru hubungan Malaysia-China

Kamis, 03 April 2014 - 17:07 WIB
Penculikan di Sabah, cobaan baru hubungan Malaysia-China
Penculikan di Sabah, cobaan baru hubungan Malaysia-China
A A A
Sindonews.com – Di tengah-tengah upaya pemerintah Malaysia mencari pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370, yang banyak menimbulkan kemarahan warga China karena dinilai lamban dan tidak transparan, muncul kembali insiden yang bisa membuat hubungan kedua negara semakin renggang.

Insiden tersebut adalah penculikan seorang wanita warga negara China berusia 29 tahun di sebuah resor Semporna di Sabah, Malaysia, Rabu (2/4/2014) malam. Penculik juga membawa seorang wanita lainnya yang berkebangsaan Filipina.

Seperti dilansir Malaysian Insider, penculikan kedua wanita ini juga semakin memperburuk keadaan pariwisata di Malaysia yang sedang dalam kondisi kritis akibat insiden menghilangnya pesawat MAS MH370.
Insiden penculikan terbaru inipun telah menyebar dengan cepat di situs jejaring sosial China yang serupa dengan Twitter, Weibo, di mana foto diduga insiden itu beredar.

Meskipun Duta Besar China untuk Malaysia, Huang Huikang sudah menegaskan bahwa hubungan Malaysia dan China dalam kondisi baik-baik saja, nampaknya insiden terbaru ini bisa menjadi cobaan terbaru terhadap keharmonisan hubungan kedua negara tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5690 seconds (0.1#10.140)