AS tekan China atas sengketa Laut China Selatan

Kamis, 06 Februari 2014 - 09:45 WIB
AS tekan China atas sengketa Laut China Selatan
AS tekan China atas sengketa Laut China Selatan
A A A
Sindonews.com - Seorang pejabat tinggi Amerika Serikat (AS) telah menekan China untuk mematuhi aturan internasional terkait klaim kawasan Laut China Selatan. Dia mengkritik penerapan “garis sembilan” oleh Beijing dalam klaimnya itu.

Kritik itu disampaikan Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Asia Timur, Daniel Russel. Kawasan Laut China Selatan selama ini disengketakan enam negara. Yakni, China , Filipina, Brunei, Malaysia , Vietnam dan Taiwan.

”Setiap klaim China atas hak-hak maritim tidak didasarkan pada kondisi wilayah yang diklaim akan bertentangan dengan hukum internasional,” kata Russel.

”China bisa menyoroti penghormatannya terhadap hukum internasional dengan memperjelas atau menyesuaikan klaimnya untuk disesuaikan dengan hukum laut internasional,” lanjut dia, seperti dikutip BBC, Kamis (6/2/2014).

Russel mengaku, dia mendukung Filipina untuk membawa kasus sengketa maritime tersebut ke pengadilan PBB. ”Kurangnya kejelasan China yang berkaitan dengan klaimnya terhadap Laut Cina Selatan telah menciptakan ketidakpastian di wilayah tersebut dan membatasi prospek untuk mencapai resolusi yang disetujui bersama atau pengaturan pembangunan bersama yang adil,” imbuh Russel.

Kemarin, kantor berita Pemerintah China melaporkan, bahwa Presiden Filipina Benigno Aquino membuat komentar atas sengketa Laut China Selatan. Dia membandingkan China dengan rezim Nazi Jerman, terkait pengaruh China yang luar biasa dalam sengketa maritim itu,
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5481 seconds (0.1#10.140)