AS curiga Suriah mampu bikin senjata biologi

Kamis, 30 Januari 2014 - 12:13 WIB
AS curiga Suriah mampu bikin senjata biologi
AS curiga Suriah mampu bikin senjata biologi
A A A
Sindonews.com – Kepala Intelijen Amerika Serikat (AS), James Clapper, mencurigai rezim Suriah memiliki kemampun untuk membuat senjata biologi. Kecurigaan itu dia sampaikan kepada para senator AS.

”Kami menilai bahwa, beberapa elemen dari program perang biologi Suriah mungkin telah maju melampaui tahap penelitian dan pengembangan dan mungkin mampu produksi agen (senjata) dalam sekala terbatas,” kata Clapper, dalam sebuah pernyataan tertulis yang disampaikan kepada Komite Intelijen Senat AS.

Clapper tidak memberikan rincian lebih lanjut, tapi kecurigaan itu berdasarkan agen mata-mata AS yang meyakini Suriah telah membuat langkah yang lebih maju dalam program senjata biologi. ”Suriah memiliki sistem senjata konvensional yang dapat dimodifikasi untuk pengiriman bahan senjata biologi,” lanjut bunyi pernyataan Clapper, seperti dikutip al-Arabiya.

Clapper juga mengatakan perang sipil di Suriah telah menjadi “magnet besar” bagi ekstremis Islam, termasuk kelompok al- Qaeda. Seperti diketahui, Dewan Keamanan PBB tahun lalu menyetujui kesepakatan AS-Rusia untuk menghapus dan menghancurkan senjata kimia Suriah.

Kesepakatan itu sebagai solusi untuk mencegah serangan AS terhadap Suriah, sebagai reaksi atas serangan senjata kimi di dekat Damaskus beberapa waktu lalu, yang dituduhkan dilakukan pasukan Assad.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6257 seconds (0.1#10.140)