Korsel usul reuni keluarga digelar pertengahan Februari

Senin, 27 Januari 2014 - 23:20 WIB
Korsel usul reuni keluarga digelar pertengahan Februari
Korsel usul reuni keluarga digelar pertengahan Februari
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Korea Selatan (Korsel) pada Senin (27/1/2014), mengusulkan waktu pelaksanaan reuni keluarga yang terpisah akibat Perang Korea. Korsel mengusulkan agar acara itu dilangsungkan di Gunung Kumgang pada 17-21 Februari.

Usulan ini dilontarkan Korsel jelang latihan militer bersama dengan Amerika Serikat (AS). Sementara Korea Utara (Korut) sendiri menginginkan latihan perang gabungan ini dibatalkan.

"Kami berharap bahwa Korea Utara akan menunjukkan reaksi positif terhadap proposal kami dan bahwa reuni keluarga akan diselenggarakan dengan lancar untuk membuka peluang baru dalam hubungan antar Korea," kata Kementerian Unifikasi Korsel, seperti dikutip dari AFP.

Kementerian itu mengatakan, bahwa mereka telah mengusulkan pertemuan di desa perbatasan gencatan senjata Panmunjom pada Rabu (28/1/2014) untuk menuntaskan rincian tentang reuni keluarga ini.

Program reuni keluarga ini telah ditangguhkan sejak aksi penembakan yang dilakukan Korut terhadap sebuah pulau perbatasan Korsel pada November 2010. Sedangkan acara reuni keluarga yang telah dijadwalkan digelar pada September tahun lalu, dibatalkan secara sepihak oleh Korsel.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6570 seconds (0.1#10.140)