China mulai rakit kapal induk kedua

Minggu, 19 Januari 2014 - 01:54 WIB
China mulai rakit kapal induk kedua
China mulai rakit kapal induk kedua
A A A
Sindonews.com – China dilaporkan telah memulai proses perakitan kapal induk kedua, setelah pada September 2012 berhasil meluncurkan kapal induk pertama mereka yang diberi nama Liaoning.

Seperti dilaporkan Xinhua, Sabtu (18/1/2014), China berencana membangun empat kapal induk secara bertahap. Sukses membangun kapal induk akan menjadi tonggak penting kebangkitan militer China.

“Kapal induk versi kedua ini dibangun di pelabuhan timur laut Dalian dan akan memakan waktu enam tahun untuk membangunnya,” jelas Wang Min, Ketua Partai Komunis untuk Provinsi Dalian Liaoning.

Ini adalah kali pertama seorang pejabat China mengkonfirmasi adanya program pembangunan kapal induk domestik China. Bulan lalu, media China telah melaporkan, bahwa pemerintah negara itu pada tahun ini akan mulai membangun sebuah kapal induk di Dalian dan satu lagi di Shanghai.

Tapi, Pemerintah China tidak pernah membenarkan rencana untuk pembangunan kapal induk di Shanghai. Pemerintah China menyatakan, kapal induk Liaoning akan digunakan untuk pelatihan dan penelitian, sebagai bagian dari rencana untuk mengembangkan program pembangunan kapal induk dalam negeri.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6653 seconds (0.1#10.140)