Foto tentara AS bakar jenazah militan Irak beredar

Kamis, 16 Januari 2014 - 10:35 WIB
Foto tentara AS bakar jenazah militan Irak beredar
Foto tentara AS bakar jenazah militan Irak beredar
A A A
Sindonews.com – Sejumlah foto yang menunjukkan kekejaman militer Amerika Serikat terhadap para militan di Irak beredar. Dalam foto itu, tentara AS membakar jenazah militan, dan berpose dengan kerangka jenazah militan.

Foto yang juga menujukkan jenazah para militan dimakan anjing juga ikut beredar. Pentagon mengklaim, tengah menyelidiki kasus penyebaran foto kekejaman tentara AS itu.

Foto-foto itu disebut-sebut diambil di wilayah Falujjah, Irak tahun 2004. Melansir laman Daily Mail, kemarin, dari beberapa foto yang berdar, foto yang dianggap sebagai bentuk pelecehan, adalah foto yang menunjukkan seorang marinir AS berjongkok di samping tengkorak untuk berpose di depan kamera.

Di foto tersebut terlihat jelas, tentara yang tersenyum lebar dan membidikkan senjatanya ke tulang kerangka militan tersebut, mengenakan seragam militer AS.

Departemen Pertahanan AS mengatakan, dari foto-foto yang beredar, tentara AS tersebut telah melanggar kode etik militer. Tentara tersebut bisa dituntut, meski statusnya tidak aktif lagi di militer.

”Kami menyadari foto yang muncul di TMZ.com, itu menggambarkan individu yang mengenakan seragam marinir AS, termasuk yang membakar jenazah manusia,” kata Bill Speaks Cmdr, petinggi di Kantor Departemen Pertahanan AS.

”Korps marinir saat ini melakukan investigasi kebenaran foto-foto ini,” ujarnya. ”Temuan dari penyelidikan ini akan menentukan langkah pengusutan selanjutnya, untuk menentukan kesalahan individu.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5785 seconds (0.1#10.140)