Bisa serang seluruh dunia, China tes moda rudal hipersonik

Kamis, 16 Januari 2014 - 09:00 WIB
Bisa serang seluruh dunia, China tes moda rudal hipersonik
Bisa serang seluruh dunia, China tes moda rudal hipersonik
A A A
Sindonews.com – Pemerintah China untuk pertama kalinya telah menguji moda rudal hipersonik. Moda yang bisa melesat beberapa kali kecepatan suara itu, bisa menjangkau seluruh dunia.

Uji coba moda rudal canggih China itu diketahui Pemerintah Amerika Serikat. Pejabat Pentagon mengatakan, uji coba itu membuktikan China sebagai negara kedua setelah AS yang telah menguji coba kendaraan rudal hipersonik.

”Kami menyadari uji kendaraan hipersonik itu, tapi kami tidak mengomentari hal itu,” kata juru bicara Pentagon, Letnan Kolonel Jeff Pool. Mengutip laporan AFP, Kamis (16/1/2014), pejabat itu mengatakan, kemampuan moda rudal itu bisa diandalkan untuk menyerang seluruh dunia.

Uji coba itu, diketahui AS dilakukan pada 9 Januari 2014 lalu. Moda rudal hipersonik bernama WU – 14 itu, bisa melesat 10 kali kecepatan suara.

Radio China Internasional yang mengutip Kementerian Pertahanan China melaporkan; ”China merencanakan penelitian ilmiah domestik dan eksperimen yang standar, dan tidak ditujukan untuk setiap negara atau target.”

Pemerintah China tidak merespons pernyataan Pentagon itu. Namun, mereka tidak menepis sebuah laporan, yang menyebut China telah membangun sebuah terowongan angin hipersonik untuk percobaan.

Tiga anggota parlemen dari Partai Republik AS, termasuk Ketua Komite Angkatan Bersenjata DPR AS, Howard McKeon, mengkhawatirkan uji coba moda rudal hipersonik China itu.”Situasi ini tidak apa-apa (jika) untuk mendukung koeksistensi damai di Pasifik,” bunyi pernyataan parlemen AS.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6493 seconds (0.1#10.140)