Ratusan jarum emas menyusup di kaki wanita Korsel

Rabu, 15 Januari 2014 - 12:52 WIB
Ratusan jarum emas menyusup...
Ratusan jarum emas menyusup di kaki wanita Korsel
A A A
Sindonews.com – Seorang wanita Korea Selatan (Korsel) berusia 65 merasakan nyeri yang luar biasa di persendian kakinya. Setelah diperiksa dengan sinar –X terungkap, bahwa ada ratusan jarum emas kecil ada di dalam kaki wanita itu.

Wanita itu sebelumnya telah didiagnosis mengalami osteoarthritis, suatu kondisi di mana tulang rawan di persendian kaki kaku. Kondisi itu menyababkan nyeri yang luar biasa. Dia kemudian diberikan zat penghilang rasa sakit dan obat anti – inflamasi.

Tapi, reaksi obat itu membuat perutnya tidak nyaman. Wanita yang identitasnya tidak diungkap oleh pihak dokter itu, akhirnya berpaling ke pengobatan akupuntur. Demikian laporan New England Journal of Medicine, yang dilansirLiveScience, kemarin.

Akupunktur adalah teknik pengobatan alternatif menggunakan jarum pada titik-titik tertentu di tubuh, yang diyakini bisa menyembuhkan rasa sakit. Menurut dokter, pengobatan akupuntur itu diduga menggunakan jarum emas yang mungkin sengaja dibiarkan mengendap di dalam kaki wanita itu untuk stimulasi.

Dokter Ali Guermazi, profesor radiologi di Universitas Boston mengatakan, pengobatan dengan meninggalkan jarum di tubuh seseorang berbahaya. Sebab bisa menimbulkan infeksi.

“Juga menyulitkan dokter untuk membaca hasil sinar-X,” kata Guermazi. “(Sebab)tubuh manusia ingin menyingkirkan benda asing,” lanjut dia.

Jarum yang menyusup ke dalam kaki wanita itu, katanya menjadi tantangan.”Pasien tidak bisa masuk ke Magnetic Resonance Imaging (MRI) karena jarum yang tersisa di tubuhnya. Semoga jarum itu tidak bergerak dan merusak arteri,” imbuh Guermazi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1487 seconds (0.1#10.140)