Bersama AS, Singapura ikut berkabung untuk Sharon

Senin, 13 Januari 2014 - 09:50 WIB
Bersama AS, Singapura ikut berkabung untuk Sharon
Bersama AS, Singapura ikut berkabung untuk Sharon
A A A
Sindonews.com – Meski banyak negara menanggapi dingin atas meninggalnya bekas Perdana Menteri Israel, Ariel Sharon, Amerika Serikat yang menjadi sekutu utama Israel ikut bergabung.

Tidak hanya AS, untuk wilayah Asia Tenggara, Singapura juga tercatat sebagai negara yang ikut berkabung atas meninggalnya tokoh yang dibenci kalangan bangsa Arab dan Palestina itu.

Wakil Presiden AS, Joe Biden, bertolak ke Israel kemarin, untuk menjadi orator pada penghormatan terakhir untuk Sharon di Yerusalem. Menurut pihak kantornya, Biden juga akan mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Israel.

Kalangan legislatif AS juga terbang ke Israel untuk berkabung. Mengutip Reuters, Senin (13/1/2014), sejumlah menteri luar negeri, termasuk dari Singapura juga terbang ke Israel untuk memberikan penghormatan terakhir terhadap Sharon.

Dari Inggris diwakili mantan perdana menteri Tony Blair. Jerman diwakili Menteri Luar Negeri Frank Walter Steinmeier. Ada juga delegasi dari Rusia, Kanada, Spanyol, Italia, Yunani, Australia, Belgia dan Republik Ceko .

”Seperti rakyat Israel mengatakan selamat tinggal kepada Perdana Menteri Sharon , kita bergabung dengan orang-orang Israel untuknya,” kata Presiden AS, Barack Obama.

”Kami menegaskan kembali komitmen tak tergoyahkan untuk keamanan Israel dan apresiasi kami untuk persahabatan abadi antara dua negara kami,” imbuh Presiden AS yang masa kecilnya pernah tinggal di Menteng, Jakarta itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5311 seconds (0.1#10.140)