Waspada konflik Thailand, Filipina terbitkan travel advisory

Jum'at, 10 Januari 2014 - 14:53 WIB
Waspada konflik Thailand, Filipina terbitkan travel advisory
Waspada konflik Thailand, Filipina terbitkan travel advisory
A A A
Sindonews.com – Kedutaan Besar Filipina di Bangkok, mengeluarkan anjuran tidak bepergian (travel advisory) bagi warga Filipina ke Thailand. Pemerintah Filipina minta warganya tidak terjebak untuk mendukung kubu “Kaus Merah” dan “Kaus Kuning” yang berseteru di Thailand.

”Berpartisipasi atau mendukung kepada salah satu pihak, tentu sangat mengecawak,” bunyi peringatan Kedubes Filipina, dalam situs resminya, Jumat (10/1/2014).

”Untuk informasi, kubu ‘kaus merah’ dan ‘kaus kuning’, kerap melibatkan beberapa pihak,” lanjut peringatan yang ditujukan pada wisatawan Filipina di Thailand.

Kubu “kaus kuning” atau kelompok pro-oposisi anti Pemerintah Thailand, terus berupaya menggulingkan Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra. Kelompok itu pernah terlibat bentrok dengan kubu “kaus merah” atau kelompok pendukung keluarga Shinawatra.

Yingluck adalah adik Thaksin Shinawatra, mantan Perdana Menteri Thailand yang kini hidup dalam pengasingan, karena menolak dihukum di negaranya atas tuduhan korupsi.

Simbol warna merah dan kuning, sejatinya juga populer dalam persaingan politik di Filipina. Di mana kedua simbol itu menjadi cirikhas pendukung kubu Aquino dan musuh bebuyutan di panggung politik, yakni kubu Ferdinand Marcos.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5791 seconds (0.1#10.140)