Usut korupsi pemerintah, 350 polisi Turki dipecat

Rabu, 08 Januari 2014 - 14:59 WIB
Usut korupsi pemerintah, 350 polisi Turki dipecat
Usut korupsi pemerintah, 350 polisi Turki dipecat
A A A
Sindonews.com – Perlawanan Pemerintahan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan terhadap upaya pengusutan kasus korupsi proyek pemerintah terus berlangsung.

Setelah memecat ratusan polisi beberapa pekan lalu, kemarin, 350 polisi kembali dipecat karena mengusut kasus korupsi.

Pemecatan ratusan polisi meluasa di banyak provinsi di Turki. Di antaranya, di Ankara, Izmir, Antalya dan Diyarbakir. Demikian laporan media Turki, Dogan. Media itu juga menulis, pemecatan juga dialami Wakil Kepala Keamanan Nasional Turki.

Pengusutan besar-besaran terhadap kasus korupsi proyek pemerintah yang telah menyeret tiga orang anak menteri Turki, telah menjadi ancaman terbesar terhadap 11 tahun pemerintahan Erdogan. PM Turki itu menyebut, pengusutan korupsi adalah upaya penyelidikan “kotor” yang berbau politik.

Mengutip laporan Reuters, Rabu (8/1/2014), Erdogan, menyalahkan kelompok ulama yang dia tuduh menjadi dalang upaya penyelidikan kasus korupsi yang dilakukan aparat kepolisian.

Sejak kasus korupsi mencuat, tiga menteri Turki telah mengundurkan diri, setelah anaknya ditangkap polisi karena terlibat korupsi.

Salah satu dari menteri Turki yang mundur, bahkan sempat mendesak Erdogan mengikuti langkahnya, yakni mengundurkan diri, karena secara tidak langsung ikut bertanggung jawab atas proyek-proyek pemerintah yang dikorupsi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5970 seconds (0.1#10.140)