Korut ancam serang Korsel tanpa peringatan

Jum'at, 20 Desember 2013 - 23:34 WIB
Korut ancam serang Korsel...
Korut ancam serang Korsel tanpa peringatan
A A A
Sindonews.com – Korea Utara (Korut) mengancam akan menyerang Korea Selatan (Korsel) tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Demikian diungkapkan Kementerian Pertahanan Korsel, Jumat (20/12/2013).

Satu hari sebelumnya, Dewan Keamanan Nasional Korsel menerima faks dari Komisi Pertahanan Nasional Korut melalui hotline militer di pantai barat. Dalam faks itu, Korut mengancam akan menyerang Selatan "tanpa pemberitahuan apapun".

Retorika bermusuhan ini dilayangkan Korut, setelah beberapa kelompok konservatif pada Selasa (17/12/2013), mengadakan aksi unjuk rasa di Seoul untuk memprotes keputusan rezim Kim Jong-un mengeksekusi Jang Song-Thaek, yang tak lain adalah paman Jong-un.

“Militer Korut mengutuk aksi unjuk rasa yang menghina "martabat tertinggi" negara dan bersumpah untuk membalas terhadap Korsel,” sebut isi faks itu, seperti dikutip dari Xinhua.

Kementerian pertahanan Korsel merespon dengan cepat melalui jalur militer dan berjanji untuk "bereaksi tegas" terhadap setiap provokasi apapun. Demikian ditegaskan Juru Bicara Kementerian Pertahanan Korsel, Kim Min-seok.

"Kami memonitor pergerakan militer Korut dan mempersiapkan diri untuk bereaksi tegas terhadap provokasi apapun," kata Min-seok pada kantor berita Yonhap. Menurutnya, saat ini tidak ada indikasi aktifitas yang tidak biasa yang dilakukan oleh militer Korut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6155 seconds (0.1#10.140)