Bill Clinton salahkan spionase AS

Selasa, 10 Desember 2013 - 09:13 WIB
Bill Clinton salahkan spionase AS
Bill Clinton salahkan spionase AS
A A A
Sindonews.com – Bekas Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton, mengatakan, untuk alasan keamanan tindakan spionase yang dilakukan intelijen negaranya tidak bisa dibenarkan. Komentar Clinton itu disampaikan saat dia berkunjung ke Brazil.

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan media Brazil, O Globo, Clinton mengkritik skema spionase global Washington. Terlebih, spionase dilakukan terhadap negara-negara sahabat AS, seperti Brazil. Kritikan Clinton itu, mengacu pada bocoran whistleblower National Security Agency (NSA) AS, Edward Joseph Snowden.

Menurut Clinton, AS tidak memiliki alasan pembenaran untuk memata-matai Presiden Brazil, Dilma Rousseff dan perusahan raksasa minyak negara, Petrobras. Dalam bocoran Snowden, NSA menyadap email dan telepon jutaan orang di Brazil.

”Kami tidak harus mendapatkan informasi ekonomi dengan dalih keamanan. Tidak juga terhadap sekutu," kata Clinton, seperti dikutip Xinhua, Selasa (10/12/2013).

Dia mengatakan spionase elektronik dapat digunakan untuk melacak tersangka terorisme. Di AS, lanjut dia, pemerintah hanya diperbolehkan untuk melakukan spionase untuk menemukan pola (serangan teroris).

“Isi email dan telepon hanya dipantau ketika seseorang memiliki sering kontak dengan tersangka terorisme, dan meskipun demikian itu pun membutuhkan perintah dari pengadilan,” ujar Clinton.

Dia mengakui, pemerintahnya kurang transparan dalam menjalankan kebijakan spionase itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6262 seconds (0.1#10.140)