Presiden Iran: Kesepakatan nuklir pukulan bagi zionis

Sabtu, 07 Desember 2013 - 23:57 WIB
Presiden Iran: Kesepakatan nuklir pukulan bagi zionis
Presiden Iran: Kesepakatan nuklir pukulan bagi zionis
A A A
Sindonews.com – Presiden Iran, Hassan Rouhani, membela kesepakatan nuklir yang dicapai negaranya dengan kekuatan dunia pada November silam. Demikian dilaporkan kantor berita ISNA, Sabtu (7/12/2013).

"Slogan kami adalah sentrifugal harus berputar, tapi kehidupan masyarakat dan perekonomian negara juga harus berpmutar," kata Rouhani dalam pidato di "Hari Mahasiswa Nasional”. “Rezim Zionis menjadi marah atas kesepakatan itu, karena itu adalah pukulan terhadap rezim Zionis," tandas Rouhani.

Menurutnya, di sisi lain, negara-negara sekutu Iran di wilayah tersebut senang dengan tercapainya kesepakatan itu. Pada 24 November lalu, Iran dan kelompok P5 +1 yang terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Rusia, Cina, ditambah Jerman, membuat kesepakatan di Jenewa.

Dalam kesepakatan itu, Iran setuju untuk membekukan sebagian dari program nuklirnya, dengan imbalan kemudahan terbatas sanksi yang telah melukai ekonomi Iran. Mayoritas pejabat Iran juga telah mendukung kesepakatan tersebut. Sementara yang lain telah mengambil sikap hati-hati tentang hasilnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1620 seconds (0.1#10.140)