Ratusan militan asing di Suriah gunakan safe house di Turki

Sabtu, 07 Desember 2013 - 14:15 WIB
Ratusan militan asing...
Ratusan militan asing di Suriah gunakan safe house di Turki
A A A
Sindonews.com- Teka-teki akses para militan asing yang ikut bertempur di Suriah mulai terungkap. Sebuah laporan menyebut, para militan asing itu menggunakan safe house atau rumah aman di Turki.

Reyhanli, orang yang bertanggung jawab atas safe house di Turki mengatakan, lebih dari 150 militan tinggal di safe house. Kepada BBC, yang dilansir Sabtu (7/12/2013), ratusan militan asing itu tinggal di safe house selama 90 hari terakhir. ”Antara 15 dan 20 orang adalah warga Inggris . Ini semua melalui undangan dari teman,” katanya.

Menurutnya, para militan asing hanya tinggal di safe house dalam waktu singkat.”Selama satu atau dua hari, sebelum mereka menyeberang ke Suriah dan tinggal di jalan, kemudian kembali lagi ketika mereka menanti penerbangan ke negara asal mereka,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang militan asal Perancis, yang menolak disebut namanya, mengatakan, ada ribuan militan asing yang ikut bertempur di Suriah. ”Dari seluruh penjuru dunia Dan kita semua al- Qaeda,” katanya.

Militan Perancis yang mantan mahasiswa itu, mengaku ia telah bergabung dengan sebuah brigade yang memiliki 8 ribu orang. Dia mengungkapkan, bahwa, brigade itu berjanji setia kepada organisasi Islam radikal yang disebut Negara Islam Irak dan Suriah Raya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0852 seconds (0.1#10.140)