Al-Qaeda klaim serang komplek Kemhan Yaman

Jum'at, 06 Desember 2013 - 21:00 WIB
Al-Qaeda klaim serang komplek Kemhan Yaman
Al-Qaeda klaim serang komplek Kemhan Yaman
A A A
Sindonews.com - Militan al-Qaeda di Semenanjung Arab mengklaim telah melancarkan serangan terhadap komplek Kementerian Pertahanan Yaman, di Ibu Kota Sanaa, Jumat (6/12/2013).

"Pada hari Kamis, Komplek Kementerian Pertahanan telah diserbu dan diserang oleh Mujahidin (pejuang suci) yang sebelumnya telah membuktikan bahwa tempat tersebut telah menjadi ruang kontrol drone dan sejumlah ahli Amerika Serikat (AS)," tweet al-Qaeda dalam akun Twitternya.

Seperti diketahui, AS menganggap cabang al-Qaeda di Yaman sebagai cabang mereka yang paling aktif di seluruh dunia. Menyikapi hal tersebut, dalam beberapa bulan terakhir AS gencar melancarkan serangan drone terhadap militan di negara miskin tersebut. Militer AS juga telah memberi pelatihan dan mempersenjatai pasukan khususs Yaman, serta bertukar informasi intelejen dengan pemerintah Yaman.

Serangan bom bunuh diri yang dilancarkan oleh seroang pengendara mobil dan diikuti aksi penembakan oleh sejumlah pria bersenjata di komplek Kementerian Pertahanan Yaman menewaskan 52 orang dan melukai 167 orang. Menurut Saba, kantor berita Yaman, serangan tersebut ikut menewaskan dua dokter dari Jerman, dua dokter dari Vietnam, dua dokter dari Filipina dan seorang suster dari Indoa serta sejumlah warga Yaman.

Sejumlah petugas medis yang tewas dalam serangan tersebut bekerja untuk rumah sakit Kementerian Pertahanan Yaman.

Pemerintah Filipina mengkonfirmasi bahwa warga mereka yang tewas dalam serangan tersebut lebih banyak dari yang dilaporkan oleh pemerintah Sana. Tujuh orang warga Filipina tewas, termasuk seorang dokter tewas dalam serangan tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3793 seconds (0.1#10.140)