Assad tetap akan jadi penguasa dalam transisi politik Suriah

Rabu, 04 Desember 2013 - 20:31 WIB
Assad tetap akan jadi penguasa dalam transisi politik Suriah
Assad tetap akan jadi penguasa dalam transisi politik Suriah
A A A
Sindonews.com - Menteri Informasi Suriah, Omran al - Zohbi menegaskan apapun kesepakatan yang dicapai dalam konvensi Jenewa II, Presiden Suriah Bashar al-Assad harus tetap menjadi Presiden, seperti dilansir SANA, kantor berita resmi Suriah, Rabu (4/12/2013).

"Jika setiap orang berfikir kita akan mengikuti konvensi Jenewa II untuk menyerahkan kunci kekuasaan Damaskus (kepada oposisi), maka hal itu kemungkinan tidak akan terjadi, ungkap Zohbi.

"Keputusan ada di tangan Presiden Assad. Diaa akan memimpin pada masa transisi, jika masa itu memang ada. Dia adalah pemimpin Suriah dan dia akan tetap menjadi presiden Suriah," imbuhnya.

Zohbi melanjutkan, Arab Saudi selaku pihak yang sangat kuat memberikan dukungan kepada para pemberontak juga tidak boleh mengikuti konvensi Jenewa II.

Seperti diketahui, para pemberontak Suriah yang tergabung dalam Dewan Nasional Suriah kekeuh menuntut pembentukan sebuah pemerintahan transisi dengan kekuasaan eksekutif penuh yang mengecualikan kehadian Assad. Seperti diketahui, bulan depan pada tepatnya pada 22 Januari mendatang kedua belah pihak akan berunding di Jenewa, ditengahi oleh utusan perdamaian PBB dan Liga Arab, Lakhdar Brahimi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5364 seconds (0.1#10.140)