Iran undang IAEA gelar inspeksi pada 8 Desember

Kamis, 28 November 2013 - 18:59 WIB
Iran undang IAEA gelar...
Iran undang IAEA gelar inspeksi pada 8 Desember
A A A
Sindonews.com - Badan Pengawas Atom Internasional untuk PBB (IAEA) mengungkapkan, bahwa Pemerintah Iran telah mengundang IAEA untuk melakukan kunjungan ke instalasi air berat Arak. Ini adalah undangan pertama yang dilayangkan Iran secara langsung kepada IAEA sejak Agustus 2011.

"Saya informasikan, bahwa kami telah menerima undangan dari Iran untuk mengunjungi instalasi air berat Arak pada 8 Desember 2013 mendatang," ungkap Yukiya Amano, kepala IAEA dalam sebuah pertemuan tertutup dengan 35 negara anggota IAEA di Wina, seperti dilansir Naharnet.

Tempat yang disebut sebagai reakor berat Iran dibangun di Arak dan telah menjadi perhatian masyarakat internasional karena decara teori Iran dapat memperoleh bahan untuk membuat senjata nuklir dari bekas reaktor tersebut.

Berdasarkan kesepakatan yang dicapai antara Iran dengan P5+1, salah satu hal yang disepakati Iran adalah tidak akan mengisi atau mentrasfer bahan bahan bakar atau sisa penggunaan reaktor tersebut.

Sebelumnya, IAEA telah melakukan kunjungan rutin ke reaktor Arak, tapi mereka mengaku belum menerima desain terbaru tentang reaktor tersebut sejak tahun 2006. IAEA mengunjungi pabrik air berat sejak Agustus 2011.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7442 seconds (0.1#10.140)