Kapal rumah sakit Perdamaian Ark China tiba di Filipina

Senin, 25 November 2013 - 18:52 WIB
Kapal rumah sakit Perdamaian Ark China tiba di Filipina
Kapal rumah sakit Perdamaian Ark China tiba di Filipina
A A A
Sindonews.com - Kapal Rumah Sakit Perdamaian Ark milik Angkatan Laut (AL) China tiba di Filipina pada Minggu (24/11/2013) malam. Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Qin Gang mengatakan, Kapal Perdamaian Ark menjadi kapal rumah sakit pertama yang tiba di Filipina.

"Kapal Perdamaian Ark adalah kapal rumah sakit berbobot 10 ribu ton merupakan kelas pertama di dunia. Kapal tersebut memiliki 300 tempat tidur dan mempekerjakan lebih dari 100 anggota tim medis profesional. Kapal tersebut telah mulai digunakan oleh Filipina," ungkap Gang, seperti dilansir Xinhua.

"Sejumlah dokter bersama sejumlah tim medis darurat dan tim penyelamat internasional dari Palang merah China telah mulai merawat ratusan pasien," imbuh Gang. Ia melanjutkan, selain mengirimkan kapal rumah sakit, Palang Merah China juga telah menyalurkan bantuan sebesar 5,4 juta Yen, termasuk 2.000 tenda dan obat-obatan.

Keputusan Pemerintah China mengirim kapal rumah sakit ke Filipina muncul setelah dikritik oleh sejumlah pihak asing dan domestik atas lambannya bantuan China untuk para korban topan Haiyan. Sejumlah pihak mengatakan, China yang merupakan kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia namun terlalu sedikit memberikan bantuan untuk korban super topan Haiyan di Filipina.

Bantuan dari China kepada Filipina telah memicu kontroversi. Sebab, kedua negara itu tengah bersengketa atas wilayah Laut China Selatan. Terakhir, Manila mengugat Beijing ke pengadilan PBB atas tuduhan pelanggaran perairan strategis.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3177 seconds (0.1#10.140)