Pasukan penjaga perdamaian PBB tewas di Darfur

Senin, 25 November 2013 - 17:08 WIB
Pasukan penjaga perdamaian PBB tewas di Darfur
Pasukan penjaga perdamaian PBB tewas di Darfur
A A A
Sindonews.com - Sekelompok orang tak dikenal membunuh pasukan penjaga perdamaian Rwanda untuk PBB di wilayah Darfur, Sudan yang dilanda konflik, Minggu (24/11/2013). Juru Bicara PBB, Martin Nesirky mengatakan, dalam waktu lima bulan terakhir sebanyak 12 pasukan penjaga perdamaian PBB Uni Afrika tewas di wilayah Sudan yang bermasalah.

"Penyergapan itu terjadi di dekat Kabkayiya di Darfur Utara," ungkap Nesirky."Sekjen PBB Ban Ki-moon sangat terganggu mendengar serangan lain yang telah dilakukan sejumlah kelompok bersenjata terhadap pasukan perdamaian PBB di Darfur (UNAMID)," ungkap Nesirky.

"Sekjen sangat mengutuk serangan terhadap pasukan UNAMID dan meminta Pemerintah Sudan segera mengambil tindakan untuk menanggap dan mengadili pelaku kejahatan dan sejumlah serangan yang telah terjadi sebelumnya," imbuh Nesirky.

Ki-moon telah berulang kali meminta Pemerintah Darfur segera bertindak untuk menghentikan kekerasan terhadap pasukan perdamaian yang telah menjadi target dalam pertempuran. Serangan kali ini menambah panjang catatan kekerasan yang menimpa pasukan UNAMID di Sudan.

Sejak UNAMID hadir di Sudan pada 2007 lalu, tercatat sudah 40 anggota yang tewas. UNAMID ditugaskan untuk menjaga penduduk Sudan dan 1,4 juta pengungsi dari Darfur yang menderita akibat konflik. Masalah keamanan diperparah dengan adanya pertempuran antar suku, penculikan, pembajakan, dan berbagai kejahatan terkait dengan pemerintah dan kelompok paramiliter.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3497 seconds (0.1#10.140)