Dituduh terlibat pembunuhan, profesor Swiss dipenjara

Jum'at, 22 November 2013 - 14:06 WIB
Dituduh terlibat pembunuhan,...
Dituduh terlibat pembunuhan, profesor Swiss dipenjara
A A A
Sindonews.com – Norma Patricia Esparza, 39, seorang profesor di sebuah universitas di Swiss dituduh berkonspirasi untuk membunuh seorang pria pada 1995. Korban, dibunuh karena diduga pernah memperkosa Esparza saat ia menjadi mahasiswa di California, Amerika Serikat.

Esparza, diborgol dan dibawa ke penjara setelah sidang di wilayah Orange County. Jaksa mengatakan, Esparza telah menolak tuduhan bahwa ia bekerja sama dengan terdakwa lainnya untuk menghabisi korban. Kasus itu diajukan ke pengadilan Desember 2012.

”Kasus ini diajukan lebih dari setahun yang lalu dan terdakwa tidak mengaku bersalah,” kata Farrah Emami, juru bicara kejaksaan setempat, seperti dikutip Reuters, Jumat (22/11/2013).

Emami mengatakan, Esparza, lahir di Meksiko dan tinggal di Perancis bersama suami dan anaknya. Dia telah bebas tahun lalu, dengan uang jaminan USD300 ribu. ”Jaksa menganggapnya bekerja sama dengan terdakwa lain,” ujar Emami.

Esparza, yang tercatat sebagai profesor di Universitas Webster di Jenewa, didakwa berkomplot dengan tiga terdakwa lain, pada 16 April 1995 untuk membunuh Gonzalo Ramirez, 25 di Irvine, California. Tiga terdakwa lainnya adalah, Gianni Anthony Van, 44, Shannon Ray Gries, 42, dan Diane Tran, 45, telah ditahan sebelumnya.

Pengacaranya tidak bisa dihubungi untuk memberikan komentar. Tapi, suami profesor itu, Jorge Mancillas, angkat bicara. “Hal pertama yang istri saya katakana setelah dia diborgol, adalah agar saya merawat putri kami dan melindunginya dari pengalaman yang menyakitkan ini,” ujarnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)