Korsel: Korut mampu buat bom nuklir

Kamis, 21 November 2013 - 02:00 WIB
Korsel: Korut mampu buat bom nuklir
Korsel: Korut mampu buat bom nuklir
A A A
Sindonews.com – Korea Utara (Korut) memiliki kemampuan untuk membangun bom nuklir berbasis uranium. Demikian ditegaskan oleh Kepala Pertahanan Korea Selatan (Korsel), Kim Kwan-jin, Rabu (20/11/2013).

"Kami menilai, bahwa (Korut) telah mencapai tingkat di mana senjata nuklir dapat dibangun dengan uranium," kata Kwan-jin di hadapan anggota Parlemen Korsel selama sesi interpelasi di markas Majelis Nasional.

Menyinggung beroperasinya kembali reaktor 5 megawatt di kompleks nuklir Yongbyon milik Korut, Kwan-jin mengatakan, bahwa Pyongyang sedang melakukan uji operasi. Ia mencatat, bahwa Seoul telah memantau apakah Korut akan memulai operasi aktif.

Agen mata-mata negara itu mengkonfirmasi pada 8 Oktober lalu, bahwa Korut telah kembali mengaktifkan reaktor 5-megawatt penghasil plutonium di kompleks nuklir Yongbyon sejak sekitar Agustus tahun ini.

Komentar Kwan-jin ini dilayangkan, lima hari setelah Wakil Menteri Pertahanan Korsel mengatakan, bahwa Pyongyang tampaknya siap untuk melakukan uji coba nuklir keempat setiap saat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7114 seconds (0.1#10.140)