Cegah pembangunan Palestina, Israel bangun taman nasional

Jum'at, 15 November 2013 - 16:33 WIB
Cegah pembangunan Palestina, Israel bangun taman nasional
Cegah pembangunan Palestina, Israel bangun taman nasional
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Israel telah mempercepat proyek pembangunan taman nasional di antara dua desa Palestina dekat wilayah Yerusalem timur yang dicaplok Israel. Percepatan tersebut bertujuan untuk menghentikan pembangunan Palestina di wilayah tersebut, seperti dilansir Haaretz, harian Israel, Kamis (14/11/2013).

Pihak berwenang Israel mengatakan, proyek pembangunan taman nasional tersebut bertujuan melestarikan lingkungan di lereng Gunung Scopus. Rencana pembangunan taman itu diumumkan pada akhir Oktober lalu berbarengan dengan pengumuman pembangunan 1.500 pemukiman di Yerusalem timur di pemukiman Ramat Shlomo.

Haaretz mengutip seorang karyawan Otoritas Taman dan Alam Israel (INPA) yang mengungkapkan, bahwa tujuan sebenarnya dibalik percepatan pembangunan proyek tersebut adalah untuk memblokir konstruksi Palestina antara desa Issawiya dan Al -Tur. Tujuan tersebut nyata, tetapi tak tertulis dalam proyek pembangunan.

Sayangnya, Haaretz tidak merinci tindakan yang dilakukan Israel dalam rangka mempercepat pembangunan proyek pembangunan taman nasional tersebut. Kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu tidak bisa segera dihubungi untuk memberikan komentar. Sementara itu, Zahava Gal-On, anggota parlemen dari oposisi mengatakan bahwa proyek tersebut merupakan "konsesi berbahaya bagi ekstrim kanan.

Proyek pembangunan taman nasional juga ditentang Menteri Lingkungan Israel, Amir Peretz. "Pembangunan taman tersebut harus mencapai kesepakatan dengan warga (Palestina) di sekitar taman untuk menemukan solusi yang akan menghindari dari kritik internasional yang justru akan menjadi bahaya bagi Israel," ungkap Peretz di saluran 2 televisi Israel.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5776 seconds (0.1#10.140)