Bantuan global bergerak menuju Filipina

Selasa, 12 November 2013 - 19:05 WIB
Bantuan global bergerak...
Bantuan global bergerak menuju Filipina
A A A
Sindonews.com - Saat sejumlah pihak berwenang di Filipina tengah berjuang untuk menyalurkan bantuan ke beberapan daerah yang dihantam super topan Haiyan, bantuan dari negara dan komunitas global sedang dalam perjalanan menuju Filipina, Selasa (12/11/2013).

Kantor PBB yang mengkoordinasi bantuan kemanusiaan akan mengirimkan bantuan kemanusiaan senilai USD 25 juta dalam bentuk bantuan produk kesehatan, obat-obatan, makanan, dan air. Sementara, Badan PBB yang menangani masalah anak-anak mengatakan, mereka telah mengirim sebuah pesawat kargo yang membawa bantuan seberat 60 ton yang berisi obat-obatan, pemurni air dan peralatan sanitasi.

Badan PBB yang menangani masalah pengungsi (UNHCR) juga berjanji segara menyalurkan bantuan termasuk paket kesehatan terhadap para korban topan.Selain PBB, sejumlah negara juga telah mengumumkan bantuan bagi para korban topan Haiyan, yakni dari Pemerintah Inggris, China, Taiwan, Australia dan Uni Eropa.

Dari kawasan Eropa, Uni Eropa kabarnya telah menyusun rencana untuk memberikan bantuan senilai USD 14 juta.Sementara Inggris telah memutuskan memberikan bantuan tersendiri. Perdana Menteri Inggris David Cameron awal pekan kemarin mengumumkan, Pemerintah Inggirs akan mengirimkan kapal perang yang saat ini ditempatkan di sekitar Singapura menuju Filipina dengan kecepatan penuh.

Kapal tersebut mengangkut kebutuhan untuk memurnikan air laut, pesawat angkut untuk distribusi bantuan kemanusiaan, serta bantuan lain senilai USD 16 juta dolar.
Dari Kawasan Asia, empat negara telah memutuskan untuk mengirim bantuan ke Filipina yakini, Jepang, China, Taiwan dan Australia.

Pemerintah Jepang dikabarkan akan memberikan bantuan kemanusiaan senilai USD 10 juta dan sebuah tim medis yang terdiri dari 25 dokter dan perawat yang berpengalaman memberikan bantuan pada korban bencana. Tim medis tersebut dikabarkan telah tiba di di Pulau Cebu.

China mengatakan, Pemerintah China dan Palang Merah akan mengirimkan bantuan senilai USD 100 ribu dolar. Pengumuman tersebut diikuti oleh Pemerintah Taiwan yang juga memutusakan untuk menyumbangkan USD 200 ribu dan Pemerintah Australia yang berjanji akan memberikan bantuan medis senilai USD 9,3 juta dan sejumlah tim medis ke lokasi bencana.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7053 seconds (0.1#10.140)