Topan dahsyat dekati Filipina, warga dievakuasi

Rabu, 06 November 2013 - 15:02 WIB
Topan dahsyat dekati Filipina, warga dievakuasi
Topan dahsyat dekati Filipina, warga dievakuasi
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Filipina pada Rabu (6/11/2013), mengevakuasi para warganya yang tinggal di kawasan pantai dan menetapkan status darurat, setelah topan dahsyat mendekati wilayah Filipina.

Topan berkekuatan dahsyat bernama Haiyan itu, mendekati wilayah Filipina, dengan kecepatan hingga 185 kilometer per jam. Topan itu bergerak di atas laut dan diprediksi sampai ke daratan di pulau Samar dan Leyte, pada Jumat nanti. Peringatan itu disampaikan Menteri Sains dan Teknologi, Mario Montejo.

”Kami menyarankan orang-orang untuk mengamankan rumah mereka, karena kita akan mengharapkan topan kuat, angin topan super,” kata Montejo, seperti dikutip Reuters. ”Ini (topan) masih ada di Pasifik, tetapi telah bergerak cepat, dan mungkin memasuki daerah kami besok (7/11/2013),” lanjut dia.

Para pejabat di Cebu pusat, Bohol dan daerah Albay, telah memerintahkan untuk menutup sekolah. Mereka juga memerintahkan penampungan darurat dan stok makanan. Selain itu, para relawan dan pekerja darurat diminta untuk waspada.

”Kami ingin nol korban, jadi kami menyampaikan pesan untuk lembaga bencana lokal agar memulai mengevakuasi orang-orang dari pesisir dan daerah dataran rendah maupun yang di daerah rawan longsor,” kata Flor Gaviola, seorang pejabat bencana regional.

Sementara itu, ribuan orang di pulau Bohol masih tinggal di tempat penampungan, setelah rumah mereka hancur saat gempa bumi melanda 15 Oktober 2013. Gempa itu menewaskan lebih dari 200 orang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4183 seconds (0.1#10.140)