Kemenlu Jerman panggil Dubes Inggris

Selasa, 05 November 2013 - 23:26 WIB
Kemenlu Jerman panggil Dubes Inggris
Kemenlu Jerman panggil Dubes Inggris
A A A
Sindonews.com – Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan pada Selasa (5/11/2013), bahwa pihaknya telah meminta Duta Besar Inggris untuk datang dan mendiskusikan sebuah laporan yang menyatakan, bahwa Inggris sedang mengoperasikan sebuah stasiun mata-mata rahasia di Kota Berlin.

Seperti dilaporkan Reuters, stasiun mata-mata itu menggunakan peralatan teknologi canggih dan ditempatkan di atap Kedutaan Besar Inggris di Berlin. "Seusai anjuran Menteri Luar Negeri (Guido) Westerwelle, Duta Besar Inggris diminta untuk datang dan membicarakan hal ini di Kementerian Luar Negeri," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters.

"Para direktur departemen Eropa meminta penjelasan laporan yang saat ini ramai di media Inggris dan menunjukkan bahwa penyadapan komunikasi dari misi diplomatik akan menjadi pelanggaran hukum internasional," lanjut pernyataan itu.

Dokumen yang dibocorkan oleh mantan kontraktor National Security Agency, Edward Snowden, menyatakan, bahwa lembaga pengawasan Inggris mengoperasikan jaringan "posting spy elektronik" di tempat yang sangat dekat dengan kantor Kanselir Jerman, Angela Merkel.

Sebelumnya, Merkel dan Pemerintah Jerman juga telah marah besar akibat dugaan program penyadapan terhadap ponsel pribadi Merkel. Menurut Merkel, tindakan mata-mata terhadap negara sekutu adalah tindakan yang tidak dapat diterima.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7012 seconds (0.1#10.140)