China & Malaysia akan gelar latihan militer gabungan

Rabu, 30 Oktober 2013 - 23:54 WIB
China & Malaysia akan gelar latihan militer gabungan
China & Malaysia akan gelar latihan militer gabungan
A A A
Sindonews.com – China dan Malaysia akan mengadakan latihan militer gabungan pertama pada tahun depan. Demikian dinyatakan oleh Menteri Pertahanan Malaysia, Hishammuddin Hussein, Rabu (30/10/2013).

Pengumuman ini disampaikan oleh Hussein, yang tengah berada di Beijing untuk bertemu dengan para pemimpin militer Cina. Kunjungan ini menyusul kunjungan ke Kuala Lumpur yang dilakukan pada awal bulan ini oleh Presiden China, Xi Jinping.

"Malaysia dan China diharapkan untuk memulai latihan gabungan pertama kami pada 2014, setelah Nota Kesepahaman tentang Kerjasama Pertahanan ditandatangani pada 2005," kata Hishammuddin dalam pernyataan yang dikirim ke AFP.

Pernyataan itu tidak memberikan rincian tentang latihan yang direncanakan, seperti lokasi latihan, skala, atau yang kesatuan militer yang akan terlibat. Sementara seorang pejabat Kementerian Pertahanan Malaysia menegaskan, ini akan menjadi latihan pertama antara Angkatan Bersenjata kedua negara.

Hishammuddin, yang bertemu rekannya Umum Chang Wanquan di China, juga mengatakan ia mengundang Chang untuk mengunjungi pangkalan Angkatan Laut Malaysia dari Mawilla 2, di Laut Cina Selatan. Kunjungan ini akan ditujukan untuk meluncurkan "kontak langsung" dengan armada China di Laut China Selatan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5055 seconds (0.1#10.140)