Pria Norwegia tersangka teroris mal Kenya

Jum'at, 18 Oktober 2013 - 09:49 WIB
Pria Norwegia tersangka teroris mal Kenya
Pria Norwegia tersangka teroris mal Kenya
A A A
Sindonews.com – Hassan Abdi Dhuhulow, 23, pria berkebangsaan Norwegia asal Somalia, ditetapkan sebagai tersangka teroris yang menyerang dan membantai puluhan pengunjung mal Westage, Nairobi, Kenya. Keterlibatannya dalam teror berdarah bulan lalu itu, terlacak dari rekaman CCTV.

Kerabat Dhuhulow yang berada di Norwegia kepada BBC yang dilansir Jumat (18/10/2013), mengatakan, ia meninggalkan Kota Larvik, Norwegia untuk pergi ke Somalia pada tahun 2009. Setidaknya 67 pengunjung mal tewas, ketika para teroris dari kelompok al-Shabab Somalia menyerang mal Westage. Teror itu berlangsung selama empat hari.

Pekan lalu, Badan Intelijen Norwegia, PST, mengaku telah mengirim petugas ke Kenya untuk melakukan verifikasi laporan keterlibatan pra Norwegia atas serangan di mal yang dimulai Sabtu 21 September 2013.

Tidak jelas berapa banyak militan yang terlibat dalam penyerangan itu. Polisi awalnya memperkirakan jumlah teroris yang terlibat sekitar 10-15 orang. Namun, dari rekaman CCTV, Pemerintah Kenya mengklarifikasi jumlah mereka hanya empat orang.

Dhuhulow lahir di Somalia, tapi ia dan keluarganya mengungsi ke Norwegia pada tahun 1999. Kerabat Dhuhulow yang minta identitasnya dirahasiakan, mengatakan, Dhuhulow jarang menelpon keluarganya sejak pergi ke Somalia. Kontak terakhir, terjadi pada musim panas lalu. Kala itu, dia mengeluh kesulitan saat ingin pulang ke Norwegia.

”Saya tidak tahu apa yang saya rasakan atau saya pikirkan. Jika itu memang dia, dia pasti telah dicuci otaknya,” ujar kerabat Dhuhulow itu. Morten Henriksen, salah satu mantan tetangga keluarga Dhuhulow, mengatakan tidak melihat Dhuhulow selama bertahun-tahun.

”Dia cukup ekstrim, dia bermasalah dan kerap berkelahi, ayahnya khawatir,” kata Henriksen menggambarkan sosok Dhuhulow ketika remaja. Ketika ditunjukkan rekaman CCTV dari empat penyerang Kenya, ia mengatakan bahwa yang mengenakan kemeja hitam atau jaket bisa jadi adalah Dhuhulow.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6299 seconds (0.1#10.140)