Iran lanjutkan perundingan nuklir dengan P5+1

Selasa, 15 Oktober 2013 - 18:50 WIB
Iran lanjutkan perundingan nuklir dengan P5+1
Iran lanjutkan perundingan nuklir dengan P5+1
A A A
Sindonews.com - Delegasi Iran dan kekuatan dunia yang tergabung dalam P5+1 (lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB + Jerman) hari ini mengawali babak baru perundingan program nuklir Iran di Jenewa, Swiss dengan suasana yang cenderung mengarah pada situasi positif, Selasa (15/10/2013). Delegasi P5+1 diwakili oleh Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton.

"Dalam perundingan tersebut, delegasi Iran telah mempresentasikan ide-ide dalam format power poin," ungkap Juru Bicara Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Michael Mann tanpa memberikan rincian tentang isi power point tersebut."Optimisme dengan penuh hati-hati mewarnai jalannya perundingan hari pertama ini," imbuh Mann seperti dilansir Reuters.

Sebelum perundingan digelar, Ashton berharap perundingan tersebut berlangsung produktif dan menjadi kesempatan untuk mengeksplorasi proposal yang telah diajukan oleh P5+1 dan juga dari Iran. "Kami datang dengan penuh kehati-hatian, tapi tetap optimis. Saya berharap dengan berjalannya waktu, akan asa kesempatan untuk merinci dan mengksplorasi semua kemungkinan," ungkap Ashton.

Dalam putaran baru perundingan nuklir ini, delegasi Iran dipimpin Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif. Perundingan nuklir ini merupakan babak baru perundingan nuklir Iran di bawah kepemimpinan Presiden moderat Iran, Hassan Rouhani.

Sejumlah negara Barat sebelumnya menaruh harapan baru untuk sengketa nuklir Iran, setelah Hassan Rouhani, presiden baru Iran pengganti Mahmoud Ahmadinejad, telah berjanji untuk melakukan pendekatan kepada asing. Seperti diketahui, Rouhani menyatakan, negaranya terbuka untuk bernegosiasi dengan cepat atas masalah program nuklir Iran dengan dunia internasional, termasuk Amerika Serikat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5444 seconds (0.1#10.140)