Jumlah korban jiwa gempa di Filipina menjadi 20 orang

Selasa, 15 Oktober 2013 - 15:51 WIB
Jumlah korban jiwa gempa di Filipina menjadi 20 orang
Jumlah korban jiwa gempa di Filipina menjadi 20 orang
A A A
Sindonews.com - Gempa dahsyat berkekuatan 7,1 Skala Richter (SR) memporak-porandakan wilayah pusat Filipina pada Selasa (15/10/2013) pagi waktu setempat. Pihak berwenang Filipina melaporkan, 20 orang tewas, sementara sejumlah bangunan di tiga pulau berbeda hancur, seperti dilansir Telegraph.

Menurut laporan badan meteorologi Amerika Serikat (USGS) sebuah gempa berkuatan 7,1 SR dan berpusat 20 km dari bawah Kota Carmen di Pulau Bohol pukul 8.12 pagi waktu setempat. Sedikitnya empat gempa susulan berkekauatan lebih dari 5 SR muncul setelah gempa utama.

"Sebanyak 15 orang dilaporkan tewas di Cebu, kota terpenting di Filipina sekaligus pintu gerbang menuju pantai Filipina," ungkap Juru Bicara Kantor Pertahanan Sipil Filipina, Reynaldo Balido.

Lima korban tewas lainnya ditemukan di Negara bagian Bohol dan pulau Siquijor yang terkenal akan keindahan pasir putihnya.

Getara gempa tersebut sangat kuat dan dirasakan di seluruh wilayah. Rekaman gambar yang ditayangkan sejumlah stasiun tv Filipina menujukan banyak atap bangunan yang ambruk, sejumlah rumah dan jalan mengalami keretakan. Sebuah bangunan bertingkat dua ambruk setelah tiang beton yang menjadi penyangga ambruk, dua orang termasuk seorang bayi 8 bulan berhasil selamat.

Robert Michael Poole , seorang turis Inggris yang tengah mengunjungi bohol mengatakan, gempa besar itu ikut meruntuhkan sebuah gereja yang dibangun pada awal tahun 1600 oleh penjajah Spanyol. " Bangunan itu hancur total, seluruh bagian gereja hancur ke bagian jalan," ungkap Poole .
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7714 seconds (0.1#10.140)
pixels