Pemberontak Kongo tembaki helikopter PBB

Minggu, 13 Oktober 2013 - 04:13 WIB
Pemberontak Kongo tembaki helikopter PBB
Pemberontak Kongo tembaki helikopter PBB
A A A
Sindonews.com – Pemberontak M23 yang berada di wilayah Kongo timur, pada Sabtu (12/10/2013), menembaki helikopter PBB. Sebelumnya, kelompok pemberontak ini telah melayangkan ancaman untuk menyerang pesawat PBB.

“Helikopter PBB mendapat serangan ketika terbang dalam misi pengintaian di atas wilayah Rumangabo yang dikuasai pemberontak M23,” sebut pernyataan MONUSCO, misi PBB di wilayah itu. Pernyataan ini tak menjelaskan, kerusakan atau adanya korban cedera yang ditimbulkan akibat aksi penembakan itu.

Meski demikian, MONUSCO mengaku penembakan itu tak akan menghentikan misi PBB di wilayah tersebut. "Pemberontak M23 tidak akan mencegah kita dari menggunakan ruang udara Kongo," kata Martin Kobler, kepala MONUSCO, seperti dikutip dari Reuters.

"Kami akan terus mengerahkan segala kekuatan yang kami miliki untuk membela penduduk sipil, termasuk bila perlu dengan menggunakan kekerasan,” lanjutnya. Insiden ini adalah yang pertama kalinya sejak M23 mengeluarkan pernyataan yang mengancam akan menghancurkan setiap pesawat PBB terbang di atas wilayah di bawah kekuasaan mereka.

“Saat ini, MONUSCO berperang dalam konflik ini. Mereka tidak netral. Jika mereka ingin menjadi bagian dari konflik, kami akan menjadikan mereka sebagai bagian dari konflik," kata juru bicara M23, Amani Kabashi.

"Kami hanya melepaskan tembakan peringatan untuk menunjukkan pada MONUSCO, bahwa apa yang mereka lakukan adalah tidak adil," tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5737 seconds (0.1#10.140)