FBI tutup layanan pembunuh bayaran online

Kamis, 03 Oktober 2013 - 11:06 WIB
FBI tutup layanan pembunuh bayaran online
FBI tutup layanan pembunuh bayaran online
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Amerika Serikat, mengatakan FBI telah menutup sebuah pasar gelap online “Silk Road” yang melayani penjualan narkoba, fasilitas hacker, pembunuh bayaran dan layanan kejahatan lain.

FBI juga menangkap dalang di balik layanan kejahatan via online itu, yakni Ross William Ulbricht alias Dread Pirate Roberts. Ulbricht ditangkap, kemarin (2/10/2013) di San Fransisco, sesaat setelah situs itu ditutup.

”Situs Silk Road menjadi bazar untuk pasar gelap yang luas. Di mana obat-obatan terlarang dan barang terlarang lainnya diperjualbelikan,” kata Agen Khusus FBI, Christopher Tarbell, seperti dilaporkan al-Jazeera.

Menurutnya, sejak Januari 2011, Ulbricht membuka situs yang menjajakan heroin, kokain, LSD dan methamphetamine , serta alat-alat hacker seperti perangkat lunak untuk mencuri password atau log keystrokes pada mesin orang.

Pihak Kejaksaan setempat, juga menuduh, Ulbricht pernah membuka layanan untuk menyewa seseorang pembunuh bayaran untuk menghabisi pengguna situs Silk Road yang mengancam akan membeberkan identitasnya dengan menggunakan website.

”Terdakwa sengaja mendirikan sebuah pasar kriminal online di luar jangkauan penegakan hukum dan peraturan pemerintah,” ujar Tarbell. Ulbricht, 29, menjalankan transaksi Silk Road dengan menggunakan jaringan komputer Tor yang dirancang khusus agar tidak terlacak pengguna website.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6426 seconds (0.1#10.140)