Tim pemusnahan senjata kimia tiba di Suriah

Rabu, 02 Oktober 2013 - 01:13 WIB
Tim pemusnahan senjata kimia tiba di Suriah
Tim pemusnahan senjata kimia tiba di Suriah
A A A
Sindonews.com – Tim Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) yang terdiri dari 20 inspektur dan 15 staf administrasi tiba di Suriah pada Selasa (1/10/2013). Tim ini memiliki misi untuk memusnahkan senjata kimia milik rezim Pemerintah Suriah.

Seperti dilaporkan Xinhua, tim pertama OPCW ini diharapkan bisa menentukan ukuran dan lokasi dari persedian senjata kimia milik Pemerintah Suriah, yang baru-baru ini telah mengaku memiliki persediaan bahan kimia dalam jumlah besar.

Rezim Suriah mengaku memiliki senjata kimia pada September lalu. Langkah berikutnya adalah untuk mengungkapkan persediaan dan untuk membantu OPCW dalam menghancurkan, tidak hanya senjata, tetapi juga peralatan pembuatan dan sistem pengiriman bahan kimia tersebut.

Sebelumnya, Presiden Suriah, Bashar al-Assad, mengatakan, negaranya akan tunduk pada resolusi PBB tentang pelucutan senjata kimia. Dia mengklaim, tunduknya Suriah dalam penyerahan semua senjata kimia, bukan karena dipaksa, tapi karena keinginan tulus dari Suriah sendiri.

”Niat itu didasarkan pada keinginan kita sendiri. Jadi bukan karena resolusi. Pada kenyataannya itu adalah niat kita sendiri,” kata Assad, seperti dikutip Reuters, Senin (30/9/2013).

Tunduknya Suriah dalam pelucutan senjata kimia, yang diklaim Assad bukan karena paksaan, juga dia tegaskan dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Italia, kemarin. ”Kami sudah bergabung dengan perjanjian internasional terkait penguasaan dan penggunaan senjata kimia, bahkan sebelum resolusi ini disahkan,” ujar Assad.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5402 seconds (0.1#10.140)