Kisruh politik, PM Italia ancam mundur

Sabtu, 28 September 2013 - 17:17 WIB
Kisruh politik, PM Italia ancam mundur
Kisruh politik, PM Italia ancam mundur
A A A
Sindonews.com - Perdana Menteri Italia, Enrico Letta, mengatakan, ia akan mengundurkan diri dari jabatannya. Kecuali, kabinetnya mendapat dukungan jelas dalam pemungutan suara parlemen yang diharapkan digelar pekan depan.

Ancaman pengunduran diri Letta muncul setelah kabinetnya dilanda kekisruhan politik dengan kubu mantan Perdana Menteri Silvio Berlusconi. Di mana kabinetnya tidak sejalan, dan gagal untuk menyetujui langkah-langkah untuk memutuskan anggaran penting. Pemerintah Letta sejatinya adalah sebuah koalisi antara partainya dengan partai pimpinan mantan Perdana Menteri Silvio Berlusconi.

Kubu Berlusconi sendiri terancam kehilangan kursi senat,akibat kasus penipuan yang dituduhkan kepadanya. Para pendukung Berlusconi, mengancam akan meninggalkan kabinet Letta, sebagai bentuk protes terhadap tuduhan kasus yang dibebankan kepada Berlusconi.

”Saya tidak punya niat untuk tertatih-tatih atau menjadi subyek yang anacam-ancaman terus,” kata Letta, kemarin, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip BBC, Sabtu (28/9/2013).

”Entah kita maju, dan kepentingan negara dan warga diletakkan pada urusan pertama, atau berakhir sampai di sini,” ujarnya.

Silvio Berlusconi Silvio Berlusconi telah menyatakan, bahwa ia adalah korban dari konspirasi sayap kiri. Dua menteri telah mengatakan, bahwa Letta sekarang berencana untuk mengusung mosi tidak percaya di hadapan parlemen pada pekan depan.

Gesekan antara Partai Demokrat atau partai sayap kiri pimpinan Letta da Partai Kebebasan Rakyat (PDL) pimpinan Berlusconi kini melumpuhkan pemerintah. Kantor berita Italia, Ansa, mengutip sumber mengatakan anggota kabinet dari PDL sudah menuliskan pengunduran diri mereka dan mengancam akan menyerahkan keputusan itu ke partainya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5702 seconds (0.1#10.140)