Pagar anti-radiasi nuklir Fukushima berlubang

Kamis, 26 September 2013 - 17:48 WIB
Pagar anti-radiasi nuklir Fukushima berlubang
Pagar anti-radiasi nuklir Fukushima berlubang
A A A
Sindonews.com – Para pekerja di pabrik nuklir Fukushima, Jepang pada Kamis (26/9/2013) melihat sebuah lubang di salah pagar penghambat partikel radioaktif. Pagar itu dibangun operator nuklir Fukushima Tokyo Electric Power Company (Tepco), ketika gempa dan tsunami 2011 mengguncang reaktor nuklir Fukshima.

Pagar anti-radiasi dibangun untuk membuat sedimen, sebelum air reaktor nuklir mengalir ke laut. Juru bicara Tepco, mengatakan, pagar itu ditemukan ada kerusakan.

”Tingkat radiasi di air laut daerah ini sangat rendah, dan tidak ada air tangki yang terkontaminasi, yang ditempatkan di dekat reaktor nomor lima dan enam,” kata juru bicara Tepco, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Fox News.

Bencana tsunami dan Jepang pada 11 Maret 2011, telah merobohkan sistem pendingin dan menghancurkan reaktor nomor satu hingga nomor tiga. Setelah disusul dengan reaktor nomor empat.

Kontaminasi air radioaktif ke laut juga menjadi masalah utama setelah kecelakaan nuklir. Tepco, sampai saat ini masih memanfaatkan ribuan ton air untuk mendinginkan reaktor nuklir Fukushima yang bocor.

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe bersikeras, bahwa pada pertemuan bulan ini untuk membahas penyelenggaraan Olimpiade, tidak akan terganggu dengan masalah kebocoran reaktor nuklir Fukushima. Abe bahkan menjamin, penyelenggaraan Olimpiade 2020 bisa terlaksana di Jepang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5155 seconds (0.1#10.140)