Bentrok militan Muslim & tentara Filipina, 5 tewas

Senin, 23 September 2013 - 22:46 WIB
Bentrok militan Muslim & tentara Filipina, 5 tewas
Bentrok militan Muslim & tentara Filipina, 5 tewas
A A A
Sindonews.com – Empat anggota kelompok pemberontak Bangsamoro Muslim Islamic Freedom Fighters (BIFF) dan seorang tentara Filipina tewas, ketika kedua belah pihak terlibat bentrok bersenjata di Filipina Selatan, Senin (23/9/2013).

Dalam insiden ini, BIFF yang tak lain adalah salah satu faksi Islam Moro libration (MILF), menawan 15 warga sipil. Menurut Kolonel Dickson Hermoso, Juru Bicara Divisi Infanteri ke-6 Angkatan Darat Filipina, militan BIFF yang belum diketahui jumlahnya, menyerang pos relawan polisi di Desa Rangaban, Midsayap, sebuah kota di Provinsi Cotabato Utara.

Dia mengatakan dalam sebuah wawancara telepon dengan Xinhua, bahwa pasukan dari Batalyon Infanteri ke-40 AD Filipina menanggapi serangan itu. "Merasa bahwa pasukan pemerintah lebih unggul dalam jumlah, para penyerang BIFF terpecah-pecah menjadi kelompok-kelompok kecil dan pertempuran sporadis pun terjadi," kata Hermoso.

Menurutnya, anggota BIFF mundur menuju Sungai Mindanao. Dalam prosesnya, Hermoso mengatakan, anggota BIFF menculik 11 petani dan empat guru. “Militan BIFF menggunakan mereka sebagai perisai manusia terhadap pasukan mengejar,” jelasnya.

Hermoso mengatakan, 12 warga sipil telah sudah dibebaskan pada Senin sore. Namun, Brigjen Domingo Tutaan, Juru Bicara Angkatan Bersenjata Filipina menegaskan, bahwa tiga guru masih ditawan anggota BIFF.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9611 seconds (0.1#10.140)
pixels