Pekan depan, misi Uni Eropa akan kunjungi Gibraltar

Rabu, 18 September 2013 - 04:16 WIB
Pekan depan, misi Uni Eropa akan kunjungi Gibraltar
Pekan depan, misi Uni Eropa akan kunjungi Gibraltar
A A A
Sindonews.com – Sebuah tim monitor Uni Eropa akan pergi ke perbatasan Spanyol dengan Gibraltar pada pekan depan. Diharapkan, kunjungan tim ini bisa membantu meredakan perseteruan antara Spanyol dan Inggris.

"Sebuah misi Komisi Uni Eropa akan berada di perbatasan Spanyol-Gibraltar pada 25 September untuk memeriksa perbatasan, pergerakan bebas orang dan barang, termasuk penyelundupan," kata Juru Bicara Komisi, Olivier Bailly, pada akun Twitter-nya, seperti dikutip dari AFP.

Perseteruan antara London dan Madrid pecah, setelah Spanyol menerapkan pemeriksaan perbatasan yang ketat dan telah menyebabkan antrian hingga lima jam bagi para pengendara yang mencoba untuk memasuki wilayah tersebut.

Otoritas Gibraltar sendiri telah menuduh Spanyol memaksakan pemeriksaan sebagai langkah pembalasan atas keputusan Inggris menempatkan blok beton di laut, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan aktivitas memancing.

Pada Agustus lalu, Uni Eropa memang telah berjanji untuk mengirim pengamat guna memastikan kontrol perbatasan diterapkan secara "proporsional". Sementara Perdana Menteri Inggris, David Cameron, telah mendesak Uni Eropa untuk mengirim tim tanpa penundaan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6402 seconds (0.1#10.140)