5 Fakta Calon PM Spanyol Santiago Abascal

Senin, 24 Juli 2023 - 09:35 WIB
loading...
5 Fakta Calon PM Spanyol Santiago Abascal
Pemimpin partai sayap kanan Spanyol, Vox, Santiago Abascal, diprediksi akan menjadi PM. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Santiago Abascal, ketua partai sayap kanan, cenderung mengutamakan nasionalisme dan mengagungkan simbol Spanyol seperti adu banteng. Dia disebut-sebut sebagai kandidat kuat Perdana Menteri Spanyol kedepan.

Pemimpin Vox, sebuah partai politik berhaluan populisme, menjadi tren politikus yang menebar skeptisme tentang Uni Eropa. Dia juga selalu membanggakan arti penting kebanggaan menjadi warga Spanyol.

Berikut adalah 5 fakta tentang pemimpin partai sayap kanan Spanyol Vox Santiago Abascal.

1. Anti-Uni Eropa dan Anti-feminisme

Memberikan pidato dengan latar belakang lukisan cat minyak dan gereja dan bersumpah untuk kembali ke Spanyol "hal-hal yang benar-benar penting", Abascal telah berkeliling negara dalam beberapa minggu terakhir untuk memuji nasionalis partai Vox, anti-feminis, Euroskeptis, sosial konservatif dan ekonomi liberal manifesto.

2. Berambisi Menurunkan Pemerintahan Sayap Kiri

Meskipun menjadi kandidat termuda yang mencalonkan diri dalam pemilihan cepat 23 Juli, pria berusia 47 tahun itu dalam sembilan tahun mengubah partai sempalan yang ia dirikan menjadi kekuatan elektoral terbesar ketiga di Spanyol.

Abascal mengimbau "anak-anak pedagang, pekerja, pelajar, dokter, hakim, nelayan, dan petani" untuk bergabung menghadapi "musuh Spanyol" saat dia menggambarkan pemerintahan kiri Perdana Menteri Sosialis Pedro Sanchez.

Vox mungkin telah menggandakan suaranya dalam pemilihan lokal bulan Mei, tetapi beberapa analis mengatakan Vox telah kehabisan kumpulan pemilih alaminya. Jajak pendapat menunjukkan kursi parlemennya akan berkurang dari 52 pada pemilihan terakhir menjadi 35 pada pemilihan Juli.

Namun, Partai Rakyat (PP) kanan-tengah yang memimpin, dipimpin oleh Alberto Nunez Feijoo, tidak mungkin mendapatkan mayoritas langsung, dan dapat beralih ke Vox sebagai raja.

3. Memiliki Latar Belakang Keluarga Politik

Abascal adalah politisi generasi ketiga di keluarganya, ayah dan kakeknya juga pernah bertugas di pemerintahan daerah atau lokal.

Lulusan sosiologi dari Negara Basque utara Spanyol, Abascal bergabung dengan PP pada usia 18 tahun, terpilih sebagai anggota dewan pada usia 23 tahun dan menjadi anggota parlemen PP di parlemen Basque.

4. Mendukung Otonomi yang Lebih Luas

Abascal berselisih dengan PP pada 2013 karena penanganan korupsi, kelompok militan ETA, dan tantangan separatis lainnya.

Dia mendirikan Vox untuk mengkampanyekan penghapusan otonomi daerah dan parlemen, sebuah tema yang menyentuh hati banyak orang setelah tawaran kemerdekaan yang gagal oleh Catalonia pada 2017.

Mereka yang bekerja dengan "Santi" menggambarkannya sebagai seorang ekstrovert dan penggemar sepeda motor dan berburu, yang suka membuat lelucon tetapi serius dengan pekerjaannya.

"Dia intens dalam debat dan aksi unjuk rasa karena dia percaya pada apa yang dia katakan dan itu dirasakan oleh semua orang yang mendengarkannya," kata sumber partai.

Dia telah menikah dua kali, saat ini dengan influencer media sosial, dan memiliki empat anak.

5. Menurunkan Pajak

Vox mengatakan itu akan menurunkan pajak penghasilan, menindak korupsi, memotong pengeluaran publik, dan meningkatkan keringanan pajak untuk keluarga besar.

Abascal mengusulkan pengusiran migran ilegal dan blokade laut untuk menghentikan mereka datang, dan penutupan masjid mempromosikan "Islam radikal atau jihad", sambil mendukung imigrasi memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja Spanyol dan dari kebangsaan dengan bahasa atau budaya yang sama.

Ia juga berjanji untuk mencabut undang-undang progresif tentang hak-hak transgender, aborsi dan hak-hak hewan, bersama dengan perlindungan iklim yang dipromosikan oleh Sanchez, yang dituduh Abascal memperkenalkan "wokisme, patologi yang memperlakukan orang dewasa sebagai anak di bawah umur dan anak-anak sebagai orang dewasa yang merosot" ke Spanyol.

Analis politik Miguel Angel Murado memperkirakan Vox telah mencapai batas tertinggi dan akan kehilangan suara dari PP, tetap menjadi "partai yang lebih kecil, benar-benar sayap kanan" dan perlengkapan politik Spanyol selama satu tahun ke depan.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)