AS: 25 negara dukung serangan ke Suriah

Selasa, 10 September 2013 - 03:55 WIB
AS: 25 negara dukung...
AS: 25 negara dukung serangan ke Suriah
A A A
Sindonews.com – Amerika Serikat (AS) mengaku telah mendapatkan dukungan dari sejumlah negara untuk melakukan intervensi militer ke Suriah. Demikian bunyi pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih, Senin (9/9/2013).

“Empat belas negara lainnya telah menandatangani pernyataan yang mengutuk Suriah atas serangan senjata kimia pada 21 Agustus lalu dan menyerukan respons internasional yang kuat untuk meminta pertanggungjawaban Pemerintah Suriah,” sebut pernyataan Gedung Putih, seperti dikutip dari Reuters.

“Tambahan negara ini menjadikan jumlah total pendukung pernyataan menjadi 25, karena AS mencoba untuk mengumpulkan dukungan internasional untuk serangan militer terhadap Suriah. Negara-negara baru tersebut termasuk Uni Emirat Arab dan Qatar,” lanjut pernyataan Gedung Putih.

Saat ini, Presiden AS Barack Obama masih menunggu otoritas dari Senat AS untuk melakukan serangan ke Suriah. Senat AS sendiri baru akan melakukan pemungutan suara pertama soal serangan ke Suriah pada Rabu (11/9/2013).

Untuk mendapatkan otorirasi serangan ke Suriah, Obama harus mendapatkan setidaknya 60 suara dari total 100 suara di Senat AS. Saat ini, Partai Demokrat memang mendominasi Senat AS, namun tetapi tidak bisa dipastikan apakah Obama akan mendapatkan minimal 60 suara dukungan.

Sementara Dewan Keamanan PBB sendiri tak mengeluarkan resolusi untuk serangan AS ke Suriah. Hal ini disebabkan, salah satu anggota tetap DK PBB yang juga pendukung utama rezim Suriah, yakni Rusia, memveto usulan Inggris untuk intervensi militer ke Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)