Serangan ke konsulat Iran di Afghanistan tewaskan seorang demostran

Sabtu, 07 September 2013 - 21:16 WIB
Serangan ke konsulat Iran di Afghanistan tewaskan seorang demostran
Serangan ke konsulat Iran di Afghanistan tewaskan seorang demostran
A A A
Sindonews.com - Satu orang tewas dan tiga orang lainnya terluka saat sejumlah demostran yang marah menyerbu konsulat Iran di Kota Herat, Provinsi Herat, Afghanistan barat, Sabtu (7/9/2013). Wakil kepala polisi Provinsi Herat, Abdul Hamid Hamidi mengatakan, sekitar 200 demonstran turun ke beberapa jalan di kota Herat, mereka mencoba menyerang konsulat Iran dengan batu dan tongkat.

"Polisi mencoba menghentikan aksi mereka, tapi mereka malah menyerang polisi. Satu orang tewas, sementara beberapa orang lainnya terluka dalam bentrokan itu," ungkap Hamidi kepada AFP.

Abdul Rashid, seorang demonstran yang terluka, mengatakan, bahwa mereka menggelar aksi unjuk rasa di depan konsulat Iran sebagai ungkapan protes, karena konsulat Iran tidak akan memperpanjang visa ataupun mengembalikan uang kas mereka. "Setiap warga Afghanistan yang ingin memiliki visa Iran harus mendepositkan uang minimal USD 400 kepada pihak konsulat Iran," terang Rashid.

Sejak pemberontakan islam meletus pada 2001 lalu, ribuan warga Afghanistan masuk ke Iran secara ilegal untuk mencari pekerjaan. Pasalnya, pemberontakan yang dilancarkan Taliban tidak mendukung pertumbuhan ekonomi Afghanistan. Menurut data, jumlah pengungi Afghanistan yang tinggal di Iran mencapai sekitar 2,4 juta jiwa. Mereka terdiri dari pengungsi dan imigran ilegal, kebanyakan dari mereka tiba di Iran setelah Uni Soviet menginvasi Afghansitan pada 1979 lalu.

Sebagai tindakan tegas menentang masuknya migran ilegal ke wilayah Iran, pada Mei lalu, penjaga Iran menembak mati 10 imigran Afghanistan yang berusaha masuk ke Iran lewat Provinsi Herat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5748 seconds (0.1#10.140)