Uni Eropa kutuk aksi kekerasan di Irak

Kamis, 05 September 2013 - 23:43 WIB
Uni Eropa kutuk aksi kekerasan di Irak
Uni Eropa kutuk aksi kekerasan di Irak
A A A
Sindonews.com – Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton, pada Kamis (5/9/2013), mengutuk "dalam istilah terkuat" rangkaian serangan dan aksi kekerasan di Irak yang menelan korban jiwa warga sipil.

"Saya sangat prihatin dengan meningkatnya kekerasan di Irak selama beberapa bulan terakhir yang memicu sektarianisme dan merusak stabilitas negara," kata Ashton dalam pernyataannya, seperti dikutip dari Xinhua.

"Pikiran saya melayang ke banyak korban yang tidak bersalah dan saya menyampaikan belasungkawa saya untuk keluarga mereka," lanjutnya. Dia meminta semua pemimpin politik, agama, dan masyarakat untuk meningkatkan upaya mereka guna mengakhiri aksi kekerasan ini.

"Saya yakin, bahwa rakyat Irak akan tetap teguh dalam penolakan mereka terhadap kekerasan sektarian dan bekerja menuju keberhasilan transisi menuju demokrasi dan stabilitas jangka panjang guna kepentingan semua warga Irak," papar Ashton.

Sejak awal tahun ini, sudah ribuan warga Irak tewas akibat aksi kekerasan berupa penembakan oleh kaum militan maupun pemboman. Baik warga Syiah maupun Sunni Irak, banyak yang telah menjadi korban serangan-serangan mematikan ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6599 seconds (0.1#10.140)